Artikel kali ini akan mencoba membahas
meningkatkan kemampuan sosialisasi anak-anak usia 3-5 tahun dengan cara-cara
yang unik. Dengan kemampuan sosialisasi yang baik membuat anak-anak bisa
memiliki persahabatan yang berkualitas. Beberapa caranya antara lain:
Likable.
Anak-anak bisa membangun persahabatan yang bermakna.
Mereka tahu bagaimana bermain dengan teman-teman dalam jumlah yang cukup
banyak. Selain itu juga mengembangkan emosi dan rasa mereka. Saat bermain
mereka akan merasakan senang, sedih dan kecewa.
Achieving.
Anak-anak mencapai kemampuan bahasa yang lebih
kompleks. Hal ini akan membuat kemampuan akademiknya menjadi lebih maksimal.
Mereka bisa menggunakan kosakata yang tepat, dalam berbagai pengalaman mereka
baik keberhasilan maupun kegagalan.
Happy.
Anak-anak akan menjadi pribadi yang optimis dan percaya diri. Mereka
akan lebih memahami karakter teman-temanya, menafsirkan gerakan teman, ekspresi
wajah, bahasa tubuh dan mampu berbicara dan mendengarkan dengan penuh perhatian
kepada orang lain.
Of
strong moral character.
Anak-anak dapat memiliki
kemampuan untuk membentuk cita-cita yang besar baik untuk dirinya sendiri
maupun lingkungan di sekitarnya. Mereka memahami apa yang benar atau salah saat
berada dalam keadaan yang cukup sulit. Hal ini sangat membantu meningkatkan
kesadaran ketika mereka tumbuh menjadi dewasa.
Resilient.
Anak-anak dapat mengemangkan keterampilan dalam pergaulan khususnya
dalam menangani rasa kecewa, mengelola krisis dan mencari hal-hal positif saat
bermain. Dengan demikian mereaka akan lebih mudah untuk bangkit kembali dengan
mudah dan berkumpul embali ketika menghadapi situasi stres.
Flexible.
Anak-anak bisa mulai mengembangkan ide-ide kreatif dalam bermain.
Mereka dapat mendengarkan perspektif orang lain dan mencapai kompromi ketika
diperlukan. Saat masalah tiba-tiba muncul saat bermain, mereka dapat menemukan
pilihan yang tepat, dan menentukan arah untuk memperbaiki situasi. Mereka
menerima kejutan dan menyesuaikan dengan mudah berubahan yang mungkin terjadi.
Organized.
Anak-anak dapat menggunakan penalaran logis dan keterampilan
organisasi, yang akan mendorong prestasi akademik dan kemmpuannya. Mereka dapat
mengembangkan cerita saat bermain. Mereka juga bisa menetapkan peran dan
mengikuti urutan tindakan saat mereka bermain. Selain itu, mereka mampu
menghormati budaya orang lain dan mau mengikuti alur cerita yang lain.
Leaders.
Anak-anak dapat mengambil
peran sebagai pemimpin dalam suatu kelompok dengan rasa rendah hati dan menghargai
teman-temannya. Mereka dapat meminta kelompok teman sebaya untuk bermain game
dan membantu setiap anak yang terlibat. Mereka memiliki rasa humor, memaafkan
teman yang melakukan kesalahan atau tidak mengikuti aturan permainan dan
menjaga situasi tetap kondusif.
Sosialy enganged.
Anak-anak
mampu menunjukkan antusiasme, waspada dan menyadari keterlibatan
teman-temannya. Mereka memperhatikan orang lain, tahu apa yang dipikirkan
temannya dan mempu menunjukkan teman-teman mereka bahwa mereka sedang mendengar.
Mereka memberika kelompoknya memiliki rasa kekompakan.
Passionate about learning.
Anak-anak memiliki
rasa ingin tahu dan memiliki kreativitas dalam berbagai kepentingan. Anak-anak
ini tertarik dunia di sekitar mereka dan dapat menyampikan pengentahuan mereka
kepada orang lain. Mereka suka untuk menyelidiki, membangun proyek dan
memotivasi orang lain melakukan hal uang sama.
0 comments:
Post a Comment